BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR (SD) ADA PERMAINAN ATAU GAME MATEMATIKA YANG DAPAT DITERAPKAN UNTUK KELAS 3-5 AGAR PELAJARAN MATEMATIKA TIDAK MEMBOSANKAN. LIHAT GAMENYA DI MATH GAMES

Jumat, 17 Februari 2017

Tips Untuk Belajar Matematika By Mrs. E

Tips Untuk Belajar Matematika By Mrs. E - Belajar matematika tidaklah cukup hanya dengan membuka kembali catatan materi dan contoh soal yang diperoleh dari sekolah. Dalam prakteknya penulis biasanya selalu menekankan kepada siswa untuk selalu latihan soal di rumah dengan mengerjakan kembali soal-soal yang telah dibahas, jika telah lancar untuk soal yang telah dibahas, barulah mencoba soal-soal lain yang masih berkaitan dengan contoh soal materi yang telah dijelaskan.

Pada postingan ini, penulis menyampaikan saja tips untuk belajar matematika oleh Mrs. E yang ditulisnya dalam sebuah catatan dan dipublikasikan melalui website miliknya, yakni http://www.mrseteachesmath.com. Berdasarkan profilnya, namanya Mrs. Karrie yang merupakan salah satu guru matematika di sekolah menengah.

Berikut ini adalah 7 tips untuk belajar matematika oleh Mrs. E :

Pertama
Pergi ke kelas. Berkaitan dengan ini, Mrs. E mengatakan bahwa jika kamu tidak hadir (absen), maka segera selesaikan tugas-tugasmu (tugas sekolahmu)

Kedua
Bertanya dan dengarkan ketika yang lain bertanya. Ia mengatakan ini sangat penting sekali. Dalam praktek mengajar, penulis juga selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Penulis mengatakan: "tanyakanlah apa yang anda kurang pahami, jangan diam saja, karena saya tidak bisa membantu memecahkan masalah anda yang berkaitan dengan matematika jika anda tidak menyampaikannya kepada saya".

Ketiga
Ulangi secara rutin. Percayalah bahwa 10-20 menit sehari mengulangi pelajaran secara rutin itu akan mengalahkan belajar yang diporsir selama 3 jam tetapi tidak rutin.

Keempat
Lihat kembali/pelajarilah kembali catatan anda sebelum mulai mengerjakan PR. Dalam prakteknya penulis juga selalu menyarankan hal seperti ini kepada siswa, dan meminta siswa supaya jangan menunda-nunda untuk mengerjakan PR. Segera kerjakan pada hari saat PR itu diberikan agar tidak lupa dengan penjelasan materi yang baru disampaikan guru.

Kelima
Tunjukkan semua tugas-tugasmu dan cek kemabli pekerjaanmu itu. Mengembangkan kebiasaan baik selama latihan/praktek akan membantu anda dalam tes dan kuis.

Keenam
Latihan, latihan, latihan. Ini bagian yang sangat penting. Kerjakan kembali masalah PR dan kerjakan kembali masalah-masalah yang ada dalam catatanmu. Tutuplah jawabannya dan ujilah dirimu sendiri. Hal ini persis seperti yang penulis sampaikan kepada siswa.

Ketujuh
Buatlah deretan konsep-konsep penting dan rumus-rumus. Jelaskan kembali konsep matematika dengan kata-katamu sendiri, dan lihat kembali lisnya sehingga kamu dapat mengingat apa yang benar-benar penting.


Demikianlah 7 tips untuk belajar matematika yang diungkapkan oleh Mrs. E. (Sumber)
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar