BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR (SD) ADA PERMAINAN ATAU GAME MATEMATIKA YANG DAPAT DITERAPKAN UNTUK KELAS 3-5 AGAR PELAJARAN MATEMATIKA TIDAK MEMBOSANKAN. LIHAT GAMENYA DI MATH GAMES

Selasa, 14 Februari 2017

Menyelesaikan Operasi Pecahan dengan Model Kupu-kupu

Menyelesaikan Operasi Pecahan dengan Model Kupu-kupu - Materi pecahan diajarkan sejak sekolah dasar. Pada jenjang sekolah menengah pertama, materi pecahan kembali diajarkan, namun dengan penekanan pada penyelesaian masalah, seharusnya tidak lagi pada dasar-dasar konsep pecahan. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa sekolah menengah pertama yang masih belum mampu menyederhanakan pecahan, belum mampu menyamakan penyebut pecahan untuk meyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, bahkan lebih parahnya lagi ada siswa yang tidak tahu mana penyebut dan mana pembilang.

Menyelesaikan operasi pecahan, khususnya untuk operasi penjumlahan dan pengurangan dengan penyebut yang tidak sama, tentunya baru dapat dilakukan jika penyebutnya telah disamakan. Untuk menyamakan penyebut dua pecahan atau lebih, dapat dilakukan dengan mencari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari penyebut-penyebutnya. Untuk mencari KPK dapat dilakukan dengan kelipatan berurutan atau dengan faktorisasi prima. Menentukan KPK ini sering menjadi kendala bagi siswa SMP karena telah lupa bagaimana caranya mencari KPK. Dengan demikian, menyamakan penyebut pecahan dengan mencari KPKnya bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada postingan ini Guru Math Offline mencoba memberikan cara pemecahan masalah menyelesaikan operasi pecahan dengan model Kupu-kupu. Teknik dengan model kupu-kupu ini sebenarnya sama saja dengan istilah kali silang yang biasa digunakan guru-guru SD agar siswa dapat cepat menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan yang penyebutnya tidak sama. Hanya saja, dalam model Kupu-kupu ini, teknik kali silangnya disajikan dengan cara yang lebih menarik sehingga akan lebih mudah diingat oleh siswa. Sesuai dengan namanya, model kupu-kupu, maka pada teknik ini, menyelesaikan operasi pecahan dengan kali silang digambarkan menyerupai kupu-kupu, seperti gambar berikut ini.


Semoga teman-teman guru SD menjadi terinspirasi menggunakan teknik ini agar pembelajaran matematika untuk materi pecahan lebih menarik dan tentunya diharapkan meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa akan lebih mudah untuk mengingatnya. Dan bagi adik-adik yang duduk di kelas VII SMP juga dapat menggunakan teknik ini untuk mengingat kembali materi menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di Sekolah Dasarnya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.
Sumber inspirasi: lihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar