Tuesday, July 10, 2012

Materi Matematika SMP Kelas 9 Semester 1 - Kesebangunan

Kesebangunan Dua Bangun Datar

Masih ingatkah kalian dengan bangun datar? Coba sebutkan bentuk bangun datar di sekitar kalian. Kita dapat menemukan bentuk-bentuk bangun datar dalam sebuah bangunan rumah. Misalnya jendela dan pintu berbentuk persegi panjang, lubang ventilasi berbentuk segitiga, dan ubin lantai berbentuk persegi. Disebut apakah bangun datar dengan bentuk dan ukuran yang sama? Bagaimana dengan syaratsyaratnya? Untuk lebih mengetahuinya, kita akan mempelajarinya pada bab Kesebangunan Bangun Datar ini.


Bangun datar dikatakan kongruen jika dan hanya jika bangun-bangun datar tersebut mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
Perhatikan gambar pencerminan bangun datar berikut.
Belah ketupat ABCD dan A'B'C'D memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Oleh sebab itu kedua bangun tersebut disebut kongruen atau sama dan sebangun.
 
 
Perhatikan gambar bangun datar berikut.
Δ ABC dan Δ DEF mempunyai bentuk yang sama, ukuran yang berbeda, tetapi sudut-sudut yang bersesuaian (seletak) sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian (seletak) sebanding.
Dalam hal ini ditulis Δ ABC ~ Δ DEF.
 
Dari gambar tersebut tampak bahwa dua bangun datar yang sebangun selalu memenuhi syarat:
a. Sudut-sudut yang bersesuaian (seletak) sama besar.
b. Sisi-sisi yang bersesuaian (seletak) sebanding.

Pustaka:
Masduki dan Ichwan Budi Utomo. 2008. Matematika: untuk SMP & MTs kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

2 comments:

  1. ikuti cerdas caermat online untuk tingkat sd dan smp, mata pelajaran yang di tandingkan ada 4, matematika, b.indonesia, ipa , dan ips, pendaftaranya GRATIS !! ayo daftarkan dirimu sobat ...

    ReplyDelete
  2. materi nya kurang lengkap -_-

    ReplyDelete