Friday, June 8, 2012

Contoh RPP Model Jigsaw

Ini dan beberapa contoh RPP model pembelajaran kooperatif sebelumnya adalah asli milik Guru Math Offline. 
Pada postingan ini Guru Math Offline memberikan contoh RPP Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Jigsaw
Nama Sekolah              :       SD Negeri
Mata Pelajaran              :       PKn
Kelas / semester             :       IV  /  II
Pokok Bahasan             :       Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat
Sub Pokok Bahasan     :       Lembaga Pemerintahan Pusat
Alokasi Waktu              :       2 x 35 menit   
Pertemuan                    :       1 dan 2

A.   Standar Kompetensi    :        Mengenal sistem pemerintah tingkat pusat.
B.   Kompetensi Dasar        :       2.1    Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.
C.   Indikator                       :       3.1    Menerangkan organisasi pemerintahan tingkat pusat
                                                      3.2    Membuat simpulan tentang organisasi pemerintahan tingkat pusat
D.    Tujuan Pembelajaran         3.1    Siswa mampu menjelaskan organisasi pemerintah tingkat pusat.
                                                      3.2    Siswa mampu mengurutkan organisasi pemerintah tingkat pusat.
                                                      3.3    Siswa mampu merangkum organisasi pemerintah tingkat pusat.
E.   Materi Pembelajaran
       Organisasi Pemerintahan Pusat
a.      Presiden
b.      Wakil Presiden
c.       Menteri
F.        Strategi Pembelajaran
Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
G.       Sarana dan Sumber Belajar    
1.      Sarana dan Prasarana :  Alat tulis-menulis
2.      Sumber : Buku PKn  Kelas IV Untuk SD/MI (Bestari Prayoga dan Ati Sumiati . 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD / MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan).
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 Menit)
a.       Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.       Guru mengulas materi yang telah diajarkan atau yang berkaitan dengan materi  yang akan diajarkan serta mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari (Apersepsi)
2.   Kegiatan Inti (60 Menit)
a.       Guru membagi siswa dalam kelonipok
b.      Guru memanggil perwakilan kelompok masing-masing 1 orang untuk menjelaskan sistem KBM-nya untuk disampaikan kepada teman-teman kelompoknya (Kelompok Asal).
c.       Perwakilan kelompok asal yang dipanggil menjadi kelompok ahli kembali ke kelompok asalnya. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas.
d.      Siswa diberikan lembar kerja siswa dan dijawab oleh masing-masing siswa.
e.       Guru bersama siswa memeriksa lembar jawaban yang sudah ditulis oleh siswa dan diberi bobot nilai.
f.       Masing-masing kelompok menyebutkan jumlah bobot nilai yang diperoleh.
g.      Guru menjumlahkan nilai bobot masing-masing kelompok.
h.      Guru memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapat nilai tertinggi.
3.      Penutup (5 Menit)
a.       Guru menuntun siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
b.      Guru memberikan tugas rumah
c.       Guru melakukan tugas rutin pada akhir pelajaran
H.    Evaluasi
1.      Jenis                :  Tertulis
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
3.      Alat Evaluasi

No comments:

Post a Comment